Cara Membuat Sistem Informasi Berbasis Desktop dengan Netbeans - Part 1

Selamat pagi untuk pengunjung rianfartawijaya.com, artikel saat ini memiliki diskusi dasar tentang cara membuat sistem informasi berbasis desktop sederhana dengan Netbeans, dan memahami konsep kerja dari sistem ini.

Sistem informasi akan dibuat, dimaksudkan untuk dijalankan pada desktop (PC, Laptop), menggunakan pengembang Netbeans software, dan di sini digunakan bahasa pemrograman JAVA SE (Standard Edition).
Mudah-mudahan, dengan pengetahuan tentang cara membuat desktop berbasis sistem informasi sederhana dengan Netbeans ini, dapat menambah wawasan dan keahlian di bidang sistem informasi.

Ok, tahap awal dari sistem membuat informasi sederhana ini, melengkapi kebutuhan software dan hardware, yaitu:

kebutuhan perangkat lunak:
     XAMPP (install)
     JDK (Java Development Kit) (install)
     Netbeans (install)
Kebutuhan Hardware:
    PC, Laptop

Setelah berhasil memiliki semua kebutuhan perangkat lunak dan perangkat keras, langkah kedua yang harus dilakukan adalah membuat database, sebagai berikut:
Pada tahap ini, database dibuat untuk menyimpan data sistem informasi, dan data dapat diproses secara independen oleh pengguna dari sistem informasi, seperti layar, menambah, mengubah, menghapus, dan pencarian.
Membuka web browser dan mengetik: localhost / phpmyadmin, sehingga akan terlihat seperti gambar di bawah ini, dan isi untuk membuat database baru, nama database yang dibutuhkan, kemudian klik buat.

Gambar 1. membuat database di xampp
Dalam pembuatan sistem informasi sederhana ini, dibuat dengan nama database "crud" dan nama tabel "data_diri" dengan jumlah kolom dengan 2, dan kemudian klik berikutnya.

Gambar 2. Buat nama tabel dan kolom nomor di xampp
Pada tahap berikutnya, definisi kolom yang telah dibuat, tampaknya ada dua kolom dengan nama "nama" yang memiliki varchar tipe data dengan nilai total 25 dan "usia" dengan total nilai "3 ", dan kemudian klik berikutnya.

Gambar 3. Buat definisi kolom
Dapat dilihat pada gambar di bawah, database "crud" telah berhasil dibuat.

Gambar 4. database berhasil dibuat

Langkah ketiga pembuatan sistem informasi ini dapat dilihat di link ini:


Semoga artikel Cara Membuat Sistem Informasi Berbasis Desktop dengan Netbeans - Part 1, dapat bermanfaat dan dapat menambah wawasan dan keahlian dalam bidang sistem informasi.
Mari Belajar Teknologi Informasi

1 Response to "Cara Membuat Sistem Informasi Berbasis Desktop dengan Netbeans - Part 1"