CARA MEMBUAT APLIKASI PERPUSTAKAAN DENGAN NETBEANS part 4

Selamat pagi, artikel kali ini membahas mengenai cara membuat aplikasi perpustakaan dengan netbeans part 4, yang saya dapatkan melalui tulisan sefta tri wahyuni. 

Bagaimana cara membuat aplikasi Perpustakaan menggunakan java netbeans yang terhubung dengan database MySql, sehingga menjadi apliaksi dinamis. 

Pada aplikasi yang akan dibuat terdapat beberapa form, seperti:

1. Ucapan Selamat Datang

2. Login

3. Login Admin

4. Data Karyawan

5. Data Anggota

6. Data Buku

7. Data Peminjam

Nah pada artikel cara membuat aplikasi perpustakaan part 4 ini, kita akan melanjutkannya dengan membuat design dari project dan memasukkan kode program yang dibutuhkan:

36. Buat from Data Anggota : Klik kanan pada file project >> isi name nya >> Finish >> masukkan source code.

 Design & Hasil Run

37. Masukkan source code dibawah ini apa saja yg harus diimport

 38. Masukkan source code dibawah ini untuk menyimpan data ke tabel.

 39. Masukkan source code agar ketika dirun hasil runnya ada di tengah" layar

40. Masukkan source code pada text field agar ketika dienter data yang dicari muncul pada textfield dan tabel.

41. Masukkan source code pada button search agar ketika diklik data yg dicari muncul pada textfield dan tabel.

42. Masukkan source code pada button edit agar ketika diklik data yang lama dapat diubah dengan yang baru dan didatabasenya juga berubah.

43. Masukkan source code pada button save agar ketika diklik datanya tersimpan pada database. 

44. Masukkan source code pada button Refresh agar ketika diklik text fieldnya bersih.

45. Masukkan source code pada button delete agar ketika diklik data yg kita pilih dapat terhapus dan didatabasenya pun hilang.

46. Masukkan source code pada button exit agar ketika diklik keluar dari from data anggota dan kembali ke from menu utama.

47. Masukkan source code pada combo box edit yang terdapat pada jmenu agar ketika di pilih atau Ctrl +E data yang lama dapat diubah dengan data yg baru dan didatabasenya berubah

48. Masukkan source code pada combo box new yang terdapat pada jmenu agar ketika di pilih atau Ctrl +N untuk membuat data baru. 

49. Masukkan source code pada combo box menu utama yang terdapat pada jmenu agar ketika di pilih atau Ctrl +U keluar dari from data anggota dan kembali ke from menu utama. 

50. Masukkan source code pada combo box save yang terdapat pada jmenu agar ketika di pilih atau Ctrl +S dapat tersimpan didatabase. 

51. Masukkan source code pada combo box refresh yang terdapat pada jmenu agar ketika di pilih atau Ctrl +R text field nya bersih. 

52. Masukkan source code pada combo box delete yang terdapat pada jmenu agar ketika di pilih atau Delete datanya terhapus dan didatabasenya juga hilang. 

53. Masukkan source code pada combo box exit yang terdapat pada jmenu agar ketika di pilih atau Ctrl +X keluar dari from data anggota dan kembali ke menu utama. 

Pada artikel ini kita telah memiliki beberapa form yang dibutuhkan dari aplikasi perpustakaan dengan netbeans. Pada artikel selanjutnya kita akan masuk ke pembahasan mengenai pembuatan design dan pengkodingan selanjutnya dan disebutkan menjadi cara membuat aplikasi perpustakaan dengan netbeans. 

Semoga Artikel kali ini bermanfaat bagi kita semua, sampai jumpa di artikel selanjutnya.




Mari Belajar Teknologi Informasi

0 Response to "CARA MEMBUAT APLIKASI PERPUSTAKAAN DENGAN NETBEANS part 4"

Post a Comment