Selamat Pagi artikel kali ini mambahas mengenai pengertian Unified Modelling Language. yang dapat menjadi acuan kita untuk dapat memahami sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan unified modelling language.
Unified Modelling Language
(UML) adalah bahasa spesifikasi standar untuk mendokumentasikan,
menspesifikasikan, dan membangun sistem perangkat lunak. Unified Modelling Language (UML) adalah himpunan struktur dan teknik
untuk pemodelan desain program berorientasi objek (OOP) serta aplikasinya. UML
adalah metodologi untuk mengembangkan sistem OOP dan sekelompok perangkat tool untuk mendukung pengembangan sistem
tersebut.
UML
adalah suatu bahasa yang digunakan untuk menentukan, memvisualisasikan,
membangun, dan mendokumentasikan suatu sistem informasi. UML dikembangkan
sebagai suatu alat untuk analisis dan desain berorientasi objek oleh Grady
Booch, Jim Rumbaugh, dan Ivar Jacobson. Namun demikian UML dapat digunakan
untuk memahami dan mendokumentasikan setiap sistem informasi. Penggunaan UML
dalam industri terus meningkat. Ini merupakan standar terbuka yang
menjadikannya sebagai bahasa pemodelan yang umum dalam industri peranti lunak
dan pengembangan sistem (wikipedia.org).
Banyak
orang yang telah membuat bahasa
pemodelan pembangunan perangkat lunak sesuai dengan teknologi pemrograman yang
berkembang pada saat itu, misalnya yang sempat berkembang dan digunakan oleh
banyak pihak adalah Data Flow Diagram (DFD) untuk memodelkan perangkat
lunak yang menggunakan pemrograman prosedural atau struktural, kemudian juga
ada State Transition Diagram (STD)
yang digunakan untuk memodelkan real time
(waktu nyata).
Pada
perkembangan teknik pemrograman berorientasi objek, muncullah sebuah standarisasi
bahasa pemodelan untuk pembangunan perangkat lunak yang dibangun dengan
menggunakan teknik pemrograman berorientasi objek, yaitu Unified Modeling Language (UML). UML muncul karena adanya kebutuhan
pemodelan visual untuk
menspesifikasikan, menggambarkan, membangun, dan dokumentasi dari sistem
perangkat lunak. UML merupakan bahasa visual untuk pemodelan dan komunikasi
mengenai sebuah sistem dengan menggunakan diagram dan teks-teks pendukung (A.S,
et al, 2013 : 137). Berikut
jenis-jenis Unified
Modeling Language (UML) yang digunakan oleh penulis :
a.
Pengenalan Use
Case Diagram
Use case
adalah rangkaian atau uraian sekelompok yang saling terkait dan membentuk
sistem secara teratur yang dilakukan atau diawasi oleh sebuah aktor. Use case digunakan untuk membentuk
tingkah laku benda dalam sebuah model serta direalisasikan oleh sebuah
kolaborasi.
Diagram use case menggambarkan fungsionalitas yang diharapkan dari sebuah sistem. Hal
yang ditekankan pada diagram ini adalah “apa” yang diperbuat sistem, dan bukan
“bagaimana”. Sebuah use case
merepresentasikan sebuah interaksi antara aktor dengan sistem. Use case menyatakan sebuah aktivitas
atas pekerjaan tertentu, misalnya login
ke sistem, meng-create sebuah daftar
belanja, dan lain sebagainya. Aktor adalah sebuah entitas manusia atau mesin
yang berinteraksi dengan sistem untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan tertentu (Tohari, 2014 : 47-48).
Tabel 1. Simbol Use Case Diagram
NO
|
GAMBAR
|
NAMA
|
KETERANGAN
|
1
|
|
Actor
|
Menspesifikasikan himpuan peran
yang pengguna mainkan ketika berinteraksi dengan use case.
|
2
|
|
Dependency
|
Hubungan dimana perubahan yang
terjadi pada suatu elemen mandiri (independent) akan mempengaruhi elemen
yang bergantung padanya elemen yang tidak mandiri (independent).
|
3
|
|
Generalization
|
Hubungan dimana objek anak (descendent) berbagi perilaku dan
struktur data dari objek yang ada di atasnya objek induk (ancestor).
|
4
|
|
Include
|
Menspesifikasikan bahwa use case sumber secara eksplisit.
|
5
|
|
Extend
|
Menspesifikasikan bahwa use case target memperluas perilaku dari
use case sumber pada suatu titik
yang diberikan.
|
6
|
|
Association
|
Apa yang menghubungkan antara
objek satu dengan objek lainnya.
|
7
|
|
System
|
Menspesifikasikan
paket yang menampilkan sistem secara terbatas.
|
8
|
|
Use
Case
|
Deskripsi dari urutan aksi-aksi
yang ditampilkan sistem yang menghasilkan suatu hasil yang terukur bagi suatu
aktor
|
9
|
|
Collaboration
|
Interaksi aturan-aturan dan elemen
lain yang bekerja sama untuk menyediakan prilaku yang lebih besar dari jumlah
dan elemen-elemennya (sinergi).
|
10
|
|
Note
|
Elemen fisik yang eksis saat
aplikasi dijalankan dan mencerminkan suatu sumber daya komputasi
|
Sumber:
(www.pribadiraharja.com)
b.
Pengenalan
Sequence Diagram
Sequence diagram menggambarkan interaksi antara sejumlah objek dalam urutan waktu.
Kegunaannya untuk menunjukkan rangkaian pesan yang dikirim antara objek juga
interaksi antar objek yang terjadi pada titik tertentu dalam eksekusi sistem.
Dalam UML, objek, pada diagram sequence
digambarkan dengan segi empat, yang berisi nama dari objek yang digaris bawahi.
Terdapat tiga (3) cara untuk menamai objek yaitu, nama objek, nama objek dan class serta nama class (Tohari, 2014 : 101).
Tabel 2. Simbol Sequence Diagram
NO
|
GAMBAR
|
NAMA
|
KETERANGAN
|
1
|
|
LifeLine
|
Objek entity,
antarmuka yang saling berinteraksi.
|
2
|
|
Message
|
Spesifikasi
dari komunikasi antar objek yang memuat informasi-informasi tentang aktifitas
yang terjadi
|
3
|
|
Message
|
Spesifikasi dari komunikasi antar
objek yang memuat informasi-informasi tentang aktifitas yang terjadi
|
Sumber: (www.pribadiraharja.com)
c.
Pengenalan
Activity Diagram
Activity diagram memodelkan workflow proses
bisnis dan urutan aktivitas dalam sebuah proses. Diagram ini sangat mirip
dengan flowchart karena memodelkan workflow dari satu aktvitas ke aktivitas
lainnya atau dari aktivitas ke status. Membuat activity diagram pada awal pemodelan proses cukup menguntungkan
untuk membantu memahami keseluruhan proses. Activity
diagram juga bermanfaat untuk
menggambarkan parallel behavior atau
menggambarkan interaksi antara beberapa use
case (Tohari, 2014 : 114).
Tabel 3. Simbol Activity
Diagram
NO
|
GAMBAR
|
NAMA
|
KETERANGAN
|
1
|
|
Actifity
|
Memperlihatkan
bagaimana masing-masing kelas antarmuka saling berinteraksi satu sama lain
|
2
|
|
Action
|
State dari sistem yang mencerminkan
eksekusi dari suatu aksi
|
3
|
|
Initial
Node
|
Bagaimana objek dibentuk atau
diawali.
|
4
|
|
Actifity
Final Node
|
Bagaimana
objek dibentuk dan dihancurkan
|
5
|
|
Fork
Node
|
Satu aliran yang pada tahap
tertentu berubah menjadi beberapa aliran
|
Sumber: (www.pribadiraharja.com)
Sekian dari artikel kali ini mengenai pengertian unified modelling language, semoga memberikan manfaat bagi kita semua. Sampai jumpa di artikel lainnya.
0 Response to "Pengertian Unified Modelling Language"
Post a Comment