Pengertian Adobe Flash

Selamat pagi artikel kali ini berjudul pengertian adobe flash, dan akan dibahas berdasarkan referensi yang dapat dipercaya, semoga artikel kali ini dapat bermanfaat bagi kita semua.
Perangkat lunak Adobe Flash yang selanjutnya disebut Flash, dulunya bernama  Macromedia Flash”, merupakan software multimedia unggulan yang dulunya dikembangkan oleh Macromedia, tetapi sekarang dikembangkan dan didistribusikan oleh Adobe System. Sejak tahun 1996, Flash menjadi metode popular untuk menambahkan animasi dan interaktif website. Flash biasanya digunakan untuk membuat animasi, hiburan dan berbagai komponen web, diintegrasikan dengan video dalam halaman web sehingga dapat menjadi aplikasi multimedia yang kaya (Rich Internet Application).
Flash tidak hanya digunakan untuk aplikasi web, tetapi juga dapat dikembangkan untuk membangun aplikasi desktop karena aplikasi Flash selain dikompilasi menjadi format .swf, Flash juga dapat dikompilasi menjadi format .exe.
Flash dapat digunakan untuk memanipulasi vektor dan citra raster, dan mendukung bidirectional streaming audio dan video. Flash juga berisi bahasa skrip yang diberinama "ActionScript". Beberapa produk software, system dan device dapat membuat dan menampilkan isi Flash. Flash dijalankan dengan Adobe Flash Player yang dapat ditanam pada browser, telepon seluler, atau software lain.

Format file Flash adalah SWF, biasanya disebut "ShocWafe Flash Player" movie. "Flash Movie" atau "Flash Game", biasanya file berekstensi .swf dapat dijalankan melalui web, secara stand alone pada Flash Player atau dijalankan di windows secara langsung dengan membuatnya dalam format ekstensi .exe (Sunyoto, 2010 : 1). AIR (Adobe Integrated Runtime) adalah metode pendistribusian aplikasi yang dikembangkan oleh Adobe System Inc., di mana aplikasi-aplikasi berbasis web, termasuk aplikasi web berbasis flash, dapat dijalankan diluar internet browser, dan berjalan sebagai aplikasi standalone (berdiri sendiri). Dengan teknologi AIR ini, dapat merancang aplikasi desktop dengan menggunakan teknologi flash. AIR juga memiliki kelebihan, dapat diinstal pada berbagai macam OS, seperti Microsoft Windows, Apple MacOS X, dan Linux, sehingga dengan satu kali proses develop, dapat langsung membuat aplikasi yang berjalan di tiap OS (Hidayatullah et al, 2011 : 292).
Semoga artikel kali ini bermanfaat dan memberikan tambahan wawasan bagi kita semua, sampai jumpa di artikel lainnya.
Mari Belajar Teknologi Informasi

0 Response to "Pengertian Adobe Flash"

Post a Comment