Pengertian Adobe Flash

a.       Pengenalan Flash
       Adobe flash professional merupakan program grafis animasi web yang diproduksi oleh Adobe, yaitu sebuah vendor software yang bergerak di bidang animasi web. Awalnya bernama Macromedia Flash dan pertama kali diproduksi tahun 1996. Adobe Flash Professional juga didesain dengan kemampuan untuk membuat animasi 2 dimensi yang handal dan ringan sehingga Adobe Flash Professional banyak digunakan untuk membangun membuat efek animasi pada website. Adobe Flash Professional juga dapat digunakan untuk membuat animasi logo, movie, game, pembuatan navigasi pada suatu website, tombol animasi, banner, menu interaktif, formulir interaktif, e-card, screensaver, dan pembuatan aplikasi web lainnya. Keunggulan lain yang dimiliki Adobe Flash Professional adalah ia mampu diberikan sedikit kode pemrograman, baik yang berjalan sendiri untuk mengatur animasi yang ada didalamnya atau digunakan untuk berkomunikasi dengan program lain seperti HTML, PHP, Database dengan pendekatan XML yang dapat dikolaborasikan dengan web, dan kecil dalam ukuran file output-nya. Bahasa yang digunakan Adobe Flash Professional adalah bahasa pemrograman yang bernama Action Script yang muncul pertama kalinya pada Flash 5 (Budiman: 2013: 25-26).
       Flash hingga saat ini masih sangat dikenal sebagai tool untuk membuat animasi bagi keperluan web. Kesan yang melekat ini disebabkan banyak animasi web yang dibangun oleh flash. Kemudahan yang ditawarkan flash menyebabkan banyak programmer animasi web jatuh hati pada flash.
  Macromedia, sebagai si pembuat flash, tidak menghentikan flash hanya sebagai tool animasi. Macromedia mengembangkan visi yang jauh dari hanya sekedar pembuat animasi. Bahkan dalam situsnya dicanangkan flash platform!sebuah visi yang tidak main-main.
 Flash juga diarahkan untuk membangun rich internet application (RIA). Ini sebuah ide untuk mengembangkan aplikasi internet menjadi lebih powerful. Flash juga diarahkan menjadi aplikasi smart client. Flash memungkinkan melakukan ini karena flash mempunyai keunggulan dalam menangani grafik (Siswoutomo, 2005: 1).
b.      Pengenalan ActionScript
   Actionscript adalah bahasa yang menjembatani antara bahasa yang kita kenal dengan bahasa yang dikenal oleh flash. Actionscript mengijinkan membuat instruksi berorientasi action (lakukan perintah) dan instruksi berorientasi logic (analisa masalah sebelum melakukan perintah). Sama dengan bahasa pemrograman yang lain, actionscript berisi banyak elemen yang berbeda serta strukturnya sendiri (Herlambang, 2007: 1).
  Actionscript adalah bahasa pemrograman yang dikembangkan macromedia untuk digunakan flash. Dengan actionscript, dapat membuat flash lebih interaktif karena movie akan bisa menerima informasi dari user dan bertindak sesuai perintah yang diberikan dalam kondisi-kondisi tertentu, atau ketika user mengklik gambar akan muncul animasi lain.
  Actionscript juga bisa digunakan untuk menghasilkan animasi. Ukuran file animasi yang dihasilkan dengan actionscript akan lebih kecil dibandingkan  dengan tweening. Para professional biasanya lebih memilih menggunakan ActionScript (Jeprie, 2006: 96).
  Actionscript bisa dilekkan di dua tempat, bisa di dalam frame atau bisa juga di objek yang kita tuju. Ketika menyimpan script dalam frame, selalu gunakan layer yang terpisah dan beri nama actions. Simpan layer itu di atas semua layer lain agar ditemukan. Selain itu, kunci layer action agar tetap kosong (Jeprie, 2006: 98-99).
Adobe Flash menyediakan lima versi ActionScript yang disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Berikut penjelasan singkat mengenai versi-versi ActionScript tersebut (Nandiwardhana et al, 2011 : 119).
1)      ActionScript 1.0,  merupakan versi yang paling sederhana dan digunakan pada kebanyakan versi Flash Lite Player.
2)      ActionScript 2.0, secara praktis lebih mudah dipelajari dan dipahami. Kinerjanya sedikit lebih cepat dari versi sebelumnya sehingga sangat sesuai digunakan untuk proyek-proyek yang tidak membutuhkan komputasi yang kompleks.
3)      ActionScript 3.0, versi ini menggunakan konsep pemrograman berorientasi objek sehingga mampu mengeksekusi perintah secara cepat.

4)      Flash Lite 1.x, 2.x, dan 3.x, merupakan versi ActionScript yang khusus dirancang untuk menjalankan aplikasi Flash Lite 1.x pada perangkat seluler.
Mari Belajar Teknologi Informasi

0 Response to "Pengertian Adobe Flash"

Post a Comment