PENGENALAN FLASH DAN ADOBE AIR

a.       Pengenalan Adobe Flash
Sejak diakuisisi oleh perusahaan raksasa Adobe, maka software multimedia. Macromedia Flash berubah nama menjadi Adobe Flash. Akuisisi ini pun bisa jadi merupakan pertanda bahwa prospek pembuatan animasi menggunakan flash akan semakin baik. Flash sudah diperkenalkan sejak tahun 1996. Sebagian kalangan menggunakannya untuk membuat animasi untuk website, profil perusahaan, cd interaktif, game dan lain-lain. Sekarang flash telah berkembang penggunaannya untuk pembuatan fitur-fitur untuk mobile device seperti handphone, PDA, dan lain-lain (Hidayatullah et al, 2011 : 18).
Gambar 1. Logo Adobe Flash Profesional CS 6
Adobe Flash CS6 merupakan versi terbaru dari versi sebelumnya Adobe Flash CS5. Program ini memiliki banyak fungsi, seperti pembuatan animasi objek, membuat presentasi, animasi iklan, game, pendukung animasi halaman web, hingga dapat digunakan untuk pembuatan film animasi.
Pada saat program Adobe Flash CS6 diaktifkan, maka jendela utama akan muncul. Dimana jendela utama memiliki komponen-komponen yang akan dipakai dalam pembuatan program.Komponen – komponen tersebut, yaitu Menu Bar, Toolbox, Panel Timeline, Stage, Panel Propertise, Panel Actions, Panel Color, dan Panel Library
b.      Pengertian ActionScript
         Adobe ActionScript  merupakan bahasa pemrograman yang bekerja di dalam platform Adobe Flash. Adobe ActionScript memang dibangun sebagai cara untuk mengembangkan pemrograman interaktif secara efisien menggunakan platform aplikasi adobe Flash ActionScript mulai dari animasi yang sederhana sampai dengan yang kompleks sekalipun, penggunaan data, dan aplikasi interface yang interaktif. Pertama kali diperkenalkan dalam Flash Player 9, ActionScript merupakan bahasa pemrograman berorientasi objek didasarkan pada ECMAScript-standar yang sama yang menjadi dasar JavaScript dan memberikan hasil yang luar biasa dalam kinerja dan produktifitas pengembang (http://www.adobe.com/devnet/actionscript/).
c.       AIR

AIR (Adobe Integrated Runtime) adalah metode pendistribusian aplikasi yang dikembangkan oleh Adobe System Inc., di mana aplikasi-aplikasi berbasis web, termasuk aplikasi web berbasis flash, dapat dijalankan diluar peramban internet (internet browser), dan berjalan sebagai aplikasi standalone (berdiri sendiri). Dengan teknologi AIR ini, Anda dapat men develop aplikasi desktop dengan menggunakan teknologi flash. AIR juga memiliki kelebihan, dapat diinstal pada berbagai macam OS, seperti Microsoft Windows, Apple MacOS X, dan Linux, sehingga dengan satu kali proses develop, anda dapat langsung membuat aplikasi yang berjalan di tiap OS (Hidayatullah et al, 2011 : 292).
Mari Belajar Teknologi Informasi

0 Response to "PENGENALAN FLASH DAN ADOBE AIR"

Post a Comment