Belajar mengenal perangkat network

Selamat pagi buat teman-teman seperjuangan yang sedang mempelajari kehidupan sebagai petualang.hehehee . . .
Hari ini kita akan mengenal dan mempelajari perangkat network.

Kenapa harus mempelajari perangkat network ?
Kenapa anda mengambil jurusan teknik informatika ?
Apa tujuan anda di masa depan setelah lulus dari jenjang S1 di bidang teknik informatika ?

Mari kita jawab semua pertanyaan yang ada diatas.
Sudahkah anda memikirkan tujuan dan alasan anda masuk di bidang teknik informatika, karena tahukah anda pentingnya untuk kita memahami alasan dan tujuan kita sebelum memulai pelajaran ini.
Mahasiswa teknik informatika diiwajibkan untuk mengenal perangkat network, yang bertujuan agar mahasiswa tersebut  mampu memahami apa yang akan menjadi tumpuan penghasilannya nanti hehehe. . . karena jika anda serius di bidang ini, kehidupan anda akan dimudahkan dan sangat lah cepat berkembang untuk menjadi orang yang sukses. Saya saran kan kepada anda, untuk serius di bidang ini, dan bersiap lah anda untuk menjadi orang yang sukses. Akan tetapi tujuan dan alasan tersebut hanya anda yang mampu menjawabnya.

Mari kita belajar :

Apa itu pengkat network ?
Perangkat network adalah beberapa alat yang digunakan untuk kepentingan jaringan komputer.
Secara umum, perangkat jaringan digolongkan sebagai :
·         Router
·         Bridge
·         Switch
·         Hub
·         Repeater


Mari kita pelajari satu persatu  :

Router
 Apa yang dimaksud router ?
Kegunaan router ?
gambar
Router sering digunakan untuk mengubungkan beberapa network. Router bisa menghubungkan network yang sama maupun berbeda dari segi teknologinya, seperti menghubungkan network yang menggunakan topologi bus, star, dan ring. Router juga digunakan untuk membagi network besar menjadi beberapa bagian atau biasa disebut dengan subnet. Fungsi dari pembagian network tersebut atau subnet, dilakukan untuk membagi-bagi traffic yang akan berdampak positif pada performa network.

Bridge
Apa yang dimaksud bridge ?
Apa kegunaan bridge ?
Gambar
Bridge merupakan perangkat network yang digunakan untuk menghubungkan dua buah LAN atau membagi sebuah LAN menjadi dua buah segmen. Tujuan dari pembagian segmen tersebut untuk mengurangi trafiic yang akan menghasilkan performa network menjadi lebih baik.
Bridge berguna untuk  mengetahui apakah informasi yang ditujukan untuk host yang satu segmen atau berbeda segmen. Jika informasi yang ditujukan kepada ynag satu segmen maka bridge akan meneruskannya ke host tersebut dan menutup jalur ke segmen lain. Sebaliknya jika informasi ditujukan untuk host pada  segmen yang berbeda mka bridge akan meneruskannya ke segmen tujuan.

Switch
Apa yang dimaksud dengan switch ?
Apa kegunaan switch ?
gambar
Switch mirip seperti bridge, daan memang sesungguhnya switch adalah bridge yang memiliki port. Sehingga switchdisebut dengan multiport bridge.
Switch berfungsi sebagai konsentrator, dimana ia memberikan tempat untuk berkumpul bagi komputer komputer yang ada pada satu LAN.
Kelebihan switch, ia mampu mempelajari alamat hardwarehost tujuan agar pesan atau informasi  yang dikirim akan sampai tanpa ada kesalahan atau salah alamat.

Hub
Apa yang dimaksud dengan hub ?
Apa kegunaan hub ?
gambar
Pada dasar nya hub sama seperti switch. Namun hub tidak secerdas switch. Jika informasi yang dikirim ke host target melalui hub, maka informasi tersebut akan mengalir ke seluruh host yang ada. Kondisi semacam ini dapat menyebabkan beban traffic yang sanggat tinggi dan mengganggu lintasan network.

Repeater
Apa yang dimaksud dengan repeater  ?
Apa kegunaan repeater ?
gambar
Repeater bhanya berfungsi sebagai penguat sinyal. Repeater dapat memperluas area network. Penguatan sinyal ini juga dilakukan  oleh perangkat hub. Mengingat jmlah port yang disediakan oleh hub cukup banyak, maka hub disebut juga sebagai multiport repeater.
Saat ini repeater sudah sangat jarang digunakan, karena fungsi nya sudah digantikan oleh hub.

nah sekarang anda sudah tahukan apa itu perangkat network. Mulai hari ini ilmu anda bertambah sedikit dan akan bertambah lagi jika anda terus belajar dan belajar lagi, agar mimpi mimpi anda digapai dengan mudah.

Akhir atikel ini, saya Rian fara wijaya memohon maaf jika ada kekurangan dan kata kata yang menyinggung perasaan anda, karena kita semua  hanya lah manusia yang tak jauh dari kesalahan. Dan jika ada pertanyaan, silahkan berikan komentar  anda.

Salam super . . hehehehe. . . . .




Mari Belajar Teknologi Informasi

0 Response to "Belajar mengenal perangkat network "

Post a Comment