Pengertian Aplikasi dan Software

a.         Pengertian Aplikasi
Aplikasi adalah kemampuan MENERAPKAN materi atau informasi  yang telah dipelajari ke dalamm suatu keadaan  baru dan konkret dengan hanya mendapat sedikit  pengarahan.Hal ini termasuk aplikasi dari suatu aturan, konsep, metode, dan teori guna memecahkan masalah (Chatib, 2009 ; 161).
Aplikasi  adalah kumpulan  perintah  program yang dibuat untuk  melakukan pekerja-pekerjaan tertentu (khusus) (Hendrayudi, 2009 ; 143).
Menurut (komputeran.com), Program aplikasi komputer adalah software atau perangkat lunak komputer yang dibuat untuk melakukan tugas tertentu. Jika sistem operasi komputer (misalnya Windows) berfungsi untuk melakukan operasi dasar, program aplikasi tertentu bisa kita tambahkan (install) untuk melengkapi kemampuan sistem operasi komputer untuk melakukan tugas-tugas yang lebih spesifik.
Secara garis besar, jenis aplikasi komputer berdasarkan kegunaan dan contohnya adalah sebagai berikut:
1)      Aplikasi Perkantoran atau Office: untuk menunjang tugas administratif perkantoran. Di antaranya Microsoft Office dan OpenOffice.
2)      Aplikasi Grafis: untuk mendesain dan mengolah gambar atau foto. Di antaranya adalah aplikasi CorelDraw, GIMP, dan Photoshop.
3)      Aplikasi Multimedia: untuk memutar file multimedia. Misalnya aplikasiWinAmp, Windows Media Player, dan QuickTime.
4)      Aplikasi Internet: untuk mengakses beragam layanan internet. Di antaranya Internet Explorer, Mozilla Firefox, dan Opera yang semuanya berfungsi untuk menjelajah internet atau browsing. Selain itu ada beberapa software khusus, misalnya mIRC dan Yahoo! Messenger untuk chatting,FileZilla untuk transfer file, dan Outlook untuk mengelola email.
5)      Aplikasi Game: aneka aplikasi permainan.
b.        Pengertian Software
Menurut belajar-komputer-mu.com, Nama lain dari Software adalah perangkat lunak. Karena disebut juga sebagai perangkat lunak, maka sifatnya pun berbeda dengan hardware atau perangkat keras, jika perangkat keras adalah komponen yang nyata yang dapat diliat dan disentuh oleh secara langsung manusia, maka software atau Perangkat lunak tidak dapat disentuh dan dilihat secara fisik, software memang tidak tampak secara fisik dan tidak berwujud benda namun  bisa untuk dioperasikan.
Pengertian Software komputer adalah sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, data elektronik yang disimpan oleh komputer itu dapat berupa program atau instruksi yang akan menjalankan suatu perintah. Melalui software atau perangkat lunak inilah suatu komputer dapat menjalankan suatu perintah.

Program Komputer yang dikenal dengan perangkat lunak, adalah instruksi-instruksi untuk Komputer, yang mendeskripsikan apa yang harus dilakukan Komputer. Komputer tidak bisa memahami bahasa manusia, sehingga diperlukan penggunaan bahasa Komputer di dalam program Komputer. Pemrograman adalah pembuatan suatu program yang dapat dieksekusi oleh suatu Komputer agar dapat melakukan tugas-tugas yang diperintahkan. Bahasa natif suatu Komputer, yang berbeda di antara tipe Komputer, merupakan bahasa mesin. Bahasa mesin adalah sekumpulan instruksi primitif. Instruksi-instruksi ini memiliki format kode biner. Pemrograman bahasa mesin merupakan proses yang melelahkan, karena program bahasa mesin sangat susah dipahami dan dimodifikasi (Sianipar, 2013 : 8-9).
Mari Belajar Teknologi Informasi

0 Response to "Pengertian Aplikasi dan Software"

Post a Comment