Pengertian Buku Panduan Ibu dan Anak

a.         Pengertian Buku Panduan
Buku panduan adalah bahan/materi / cara kerja/ ringkasan panduan yang tersusun yang dituangkan secara tertulis dalam bentuk buku maupun soft file yang dapat digunakan sebagai bahan pelajaran /sumber informasi, baik mendukung mata kuliah bagi mahasiswa dan pengajar maupun sebagai kebutuhan pengembangan industri tertentu (oeqi.wordpress.com).
b.      Pengertian Kesehatan
Sehat dalam keperawatan anak adalah sehat dalam rentang sehat-sakit. Sehat adalah keadaan kesejahteraan optimal antara fisik, mental, dan sosial yang harus dicapai sepanjang kehidupan anak dalam rangka mencapai tingkat pertumbuhan dan perkembangan yang optimal sesuai dengan usianya. Dengan demikian, apabila anak sakit, hal ini akan mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan fisik, psikologis, intelektual, sosial dan spiritual (Supartini, 2002: 5-6).
Kesehatan adalah keadaan sejahtera dan badan, jiwa, dan sosial yang memungkinkan setiap orang hidup produktif secara sosial dan ekonomis (Putih, 2009: 6).
c.          Pengertian Ibu
Ibu ialah sebutan untuk perempuan yang telah melahirkan atau wanita yang sudah bersuami, atau panggilan yang takzim kepada wanita, atau bagian yang pokok dan sumber dari sesuatu (Basyarahil: 125).
Menurut wikipedia.org, Ibu adalah orang tua perempuan seorang anak, baik melalui hubungan biologis maupun sosial. Umumnya, ibu memiliki peranan yang sangat penting dalam membesarkan anak, dan panggilan ibu dapat diberikan untuk perempuan yang bukan orang tua kandung (biologis) dari seseorang yang mengisi peranan ini. Contohnya adalah pada orang tua angkat (karena adopsi) atau ibu tiri (istri ayahbiologis anak). Kadang,Ibu bercerai dengan ayah , Dan Anak biasanya disuruh untuk memilih ayah/Ibu, Jika memilih ibu,Dan Ibu Menikah lagi,Ayahnya disebut Ayah tiri , dan Jika ikut ayah,Dan menikah lagi,Maka Ibunya Disebut Ibu Tiri.
d.      Pengertian Anak
Pada dasarnya anak adalah bukan orang dewasa dalam bentuk kecil, melainkan manusia yang oleh karena kondisinya belum kecil, melainkan manusia yang oleh karena kondisinya belum mencapai taraf pertumbuhan dan perkembangan yang matang, maka segala sesuatunya berbeda dengan orang dewasa pada umumnya.
Dalam hal ini anak masih mempunyai keterbatasan-keterbatasan sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangan yang ada. pengertian anak menurut UU RI No. 4 tahun 1979, tentang kesejahteraan anak, Anak adalah seseorang yang belum mencapai usa 21 tahun dan belum pernah menikah. Batas 21 tahun ditetapkan karena berdasarkan pertimbangan usaha kesejahteraan sosial, kematangan pribadi, dan kematangan mental seorang anak dicapai pada usia tersebut. Anak adalah potensi serta penerus bangsa yang dasar-dasarnya telah diletakkan oleh generasi sebelumnya (Suryanah, 1996: 1).
Anak juga bukan merupakan harta atau kekayaan orang tua yang dapat dinilai secara sosial ekonomi, melainkan masa depan bangsa yang berhak atas pelayanan kesehatan secara individual. Anak adalah individu yang masih bergantung pada orang dewasa dan lingkungannya, artinya membutuhkan lingkungan yang dapat memfasilitasi dalam memnuhi kebutuhan dasarnya dan untuk belajar mandiri. Lingkungan yang dimaksud bisa berupa keluarga (orang tua), pengurus panti (bila anak di panti asuhan), atau bahkan tanpa orang tua bagi mereka yang hidupnya menggelandang (Supartini, 2002: 5).
e.         Buku Panduan Kesehatan Ibu dan Anak
Buku panduan kesehatan ibu dan anak merupakan buku  yang digunakan untuk membantu dan memberikan informasi kepada pembacanya dalam pengetahuan mengenai  kesehatan ibu dan anak. Buku Kesehatan Ibu dan Anak (Buku KIA) berisi catatan kesehatan ibu  (hamil, bersalin dan nifas) dan anak (bayi baru lahir, bayi dan anak  balita) serta berbagai informasi cara memelihara dan merawat kesehatan ibu dan anak. Buku Kesehatan Ibu dan Anak (Buku KIA) berisi catatan kesehatan ibu  (hamil, bersalin dan nifas) dan anak (bayi baru lahir, bayi dan anak  balita) serta berbagai informasi cara memelihara dan merawat kesehatan ibu dan anak. Setiap ibu hamil mendapat 1 (satu) Buku KIA. Jika ibu melahirkan bayi kembar, maka ibu memerlukan tambahan buku KIA lagi. Buku KIA tersedia di fasilitas pelayanan kesehatan (Posyandu, Polindes/Poskesdes, Pustu, Puskesmas, bidan, dokter praktik, rumah bersalin, dan rumah sakit).
1)       Panduan Buku Kesehatan Ibu Anak (KIA):
a)      Buku ini untuk dibaca oleh ibu, suami dan anggota keluarga lain karena berisi informasi yang sangat berguna untuk kesehatan ibu dan anak.
b)      Buku ini dibawa oleh ibu atau keluarga setiap kali ke fasilitas pelayanan kesehatan.
c)      Buku ini disimpan, jangan sampai hilang karena berisi informasi dan catatan kesehatan ibu dan anak. Catatan yang ada di dalam buku ini akan sangat bermanfaat bagi ibu, anak dan petugas kesehatan.

d)     Tanya ke dokter, dokter gigi, bidan, perawat, petugas gizi, dan petugas kesehatan lainnya jika ada hal-hal yang ingin diketahui atau ada masalah ke  sehatan ibu dan anak. Jangan malu dan ragu untuk bertanya.
Mari Belajar Teknologi Informasi

0 Response to "Pengertian Buku Panduan Ibu dan Anak"

Post a Comment