Pengertian Wudhu

Wudhu sesungguhnya adalah ritual penyucian diri yang dilakukan seorang muslim ketika hendak melaksanakan ibadah shalat sunnah lainnya yang kita kerjakan. Tidak akan sah shalat jika tanpa berwudhu terlebih dahulu. Karenanya wudhu merupakan salah satu syarat sahnya shalat (Kardjono 2009 : 15-17).
           Sebagaimana Rasulullah Saw. Bersabda: “Tidaklah Allah menerima shalat seseorang apabila ia berhadas hingga dia berwudhu.” (HR Al Bukhari dan Muslim) demikian pula ijma’ (kesepakatan) para ulama bahwa shalat tidak boleh ditegakkan kecuali dengan  berwudhu terlebih dahulu, selama tidak ada uzur untuk meninggalkan wudhu yang dilakukan dengan sebaik-baiknya menurut tuntunan Rasulullah Saw. Akan mempunyai dampak luar biasa dalam terhadap kejiwaan dan kesehatan orang yang melakukannya. Banyak kajian dan penelitian-penelitian yang dilakukan oleh para ulama dan para cendikiawan membuktikan itu semua.
         Wudhu adalah pekerjaan membasuh anggota atau bagian-bagian tubuh dengan air. Air yang digunakan untuk berwudhu hanya yang suci dan menyucikan serta tidak makruh dipakai, yaitu air mutlak yang dapat dipergunakan untuk berwudhu. Mengapa harus dengan air? Beberapa kajian maupun penelitian yang dilakukan terhadap air membuktikan, aair mempunyai efek terapis  terhadap manusia. Di dunia kedokteran dikenal adanya ‘Hukum Baruch dan Hidroterapi’.  Ini adalah sebuah teori yang diciptakan oleh Simon Baruch, seorang dokter dari Amerika. Menurut teori ini, air memiliki daya penenang jika suhu air sama dengan suhu kulit, sedangkan apabila suhu air lebih tinggi atau lebih rendah akan memberikan efek stimulasi atau merangsang.
            Wudhu merupakan bentuk persiapan untuk melaksanakan ibadah wajib maupun sunnah. Allah Maha Pemurah, sehingga persiapan-persiapan untuk melaksanakan amalan yang berpahala pun, sudah mendapatkan pahala yaitu dampak positif dari perbuatan itu. Bahkan bila dilakukan dengan benar, Allah menjanjikan surge sebagai balasannya (Kardjono 2009 : 15-17).


Mari Belajar Teknologi Informasi

0 Response to "Pengertian Wudhu"

Post a Comment