Bootstrap - pertemuan 3 - part 2

Haii selamat pagi, pada artikel Bootstrap - pertemuan 3 - part 1 kita telah membahas mengenai bootstrap pada sistem operasi, dan kali ini kita akan melanjutkannya.
Okeh selanjutnya yang akan kita ketahui pada artikel ini mengenai, bootstrap loader sederhana yaitu kode di ROM yang menginstruksikan pengendali disk  yang akan membaca boot blocks untuk kemudia dimuatkan pada memori dan akan mengeksekusi kode tersebut. Selain itu, program bootstrap yang canggih, dapat melakukan pemuatan semua kernel sistem operasi dan menjalankannya.

Pada Linux, program bootstrap yang lebih canggih ini, juga berisikan kode untuk mengekstrak kernel, sehingga harddisk menerima hasil dari kernel linux yang disimpan telah berbentuk kompresi yang berukuran kecil dan disimpan pula pada memori berukuran kecil.
Setelah itu, kernel yang disimpan pada memori tadi, akan diekstrak menjadi ukuran sebenarnya, yang kemudian dipindahkan ke tempat penyimpanan yang sudah ditentukan, kemudian akan dieksekusi sehingga program bootstrap tidak berfungsi lagi, dan sehingga kernel sistem operasi linux lah yang akan menguasai sistem komputer.

Program ini akan melanjutkan pekerjaannya yaitu, melakukan inisialisasi bagi seluruh aspek sistem yang ada di register-register pemroses, pengendali-pengendali perangkat hingga isian pada memori. Program ini diharuskan mencari lalu memuatkan kernel sistem operasi ke memori. Dengan itu sistem operasi akan mengeksekusi prosesnya yang pertama seperti "init, yang ada pada sistem operasi unix/ linux", lalu menunggu hasilnya tampil atau terlihat. Hasil yang ditampilkan atau terlihat biasanya ditandai oleh interupsi dari perangkat keras atau perangkat lunak. Lalu Perangkat keras memicu interupsi tersebut saat melakukan pengiriman sinyal ke pemroses. Dengan melakukan eksekusi satu operasi spesial disebut system call, dapat memicu interupsi, dan inilah yang dilakukan oleh perangkat keras.
Pemroses yang saat itu diinterupsi, akan berhenti dan akan melakukan pekerjaan saat itu dan lalu mengalihkan pekerjaan sebelumnya ke satu lokasi tertentu. Dan lokasi tersebut merupakan berisi alamat awal dari rutin layanan untuk interupsi.

Sekian artikel yang telah saya tuliskan di atas, dan untuk informasi selanjutnya kita akan memahami mengenai pemroses atau biasa disebut dengan central processing unit). Semoga artikel ini bermanfaat dan menjadi salah satu wawasan yang berpengaruh penting bagi anda dalam mengenal ilmu komputer.

Mari Belajar Teknologi Informasi

0 Response to "Bootstrap - pertemuan 3 - part 2"

Post a Comment