Mengenal Jerawat dan Jenisnya

Selamat pagi, artikel kali ini akan membahas mengenai jerawat dan jenis jerawat. Mungkin semua orang pernah terkena jerawat dan merasa tidak nyaman akan hal itu. Termasuk rianfartawijaya.com pernah mengalami jerawat dari smp kelas 3 sampai dengan masuk ke perkuliahan, dan pada akhirnya jerawat itu hilang atau berhasil disembuhkan di akhir semester. Oleh karena itu rianfartawijaya.com memberikan informasi mengenai apa itu jerawat dan jenis-jenis jerawat yang ada.

Pada dasarnya jerawat merupakan sebuah benjolan kecil berwarna merah, yang dapat menyerang bagian tubuh manusia, seperti wajah, kepala, dada, punggung, dan lainnya. Jerawat benar benar sangat membuat risih dan terkadang terasa sangat nyeri, oleh sebab itu jerawat juga menimbulkan rasa kurang percaya diri bagi orang yang terkena jerawat ataupun dari bekas yang ditinggalkannya. Karena biasanya jerawat akan meninggalkan bekasnya pada wilayah tubuh yang terkena jerawat. 

Jerawat terbagi menjadi beberapa jenis, walaupun jika kita melihat sekilas terdapat kemiripan bagi semua jerawat yang terdapat pada tubuh. Jerawat dapat berukuran sangat kecil, sedang, besar, dan hal ini yang menyebabkan banyak orang sangat tidak menyukai jika mengalami jerawat pada bagian tubuhnya terutama wajah, karena merupakan tempat yang paling strategis untuk orang lain melihatnya.

Nah berikut ini, adalah beberapa jenis jerawat yang akan dijelaskan secara padat, jelas, dan ringkas, sehingga dengan mengetahui jenis jerawat, kita dapat mengetahui bagaimana cara penanganan jerawat yang kita alami, dan bagaimana cara menghilangkan jerawat tersebut, sehingga tidak ada bekas yang tertinggal dari jerawat tersebut pada bagian tubuh yang dikenai oleh jerawat.

Jenis-jenis jerawat yang ada berdasarkan bentuknya, yang diketahui rianfartawijaya.com, sebagai berikut:
1. Jerawat Radang
Kantung folikel yang ada di dermis, dan jika terisi dengan lemak padat, maka akan menyebabkan pengembungan pada dermis, yang akan pecah, dan darah putih menyerang daerah folikel sabasea, dan karena hal ini, maka terjadi yang disebut dengan peradangan kulit.

Jerawat radang akan terasa begitu sakit, pada bagian tubuh yang dikenainya, karena didalamnya terdapat cairan nanah, dengan ukuran yang lebih besar dari komedo atau jerawat pada hidung. Sangat tidak disarankan bagi orang yang terkena jerawat radang, untuk tidak memecahkannya dengan tangan atau pun alat yang tidak steril, sehingga menimbulkan resiko kuman menyerang dan infeksi akan terjadi pada tubuh yang dikenai nya.

2. Komedo
Komedo adalah jerawat yang biasanya terletak pada bagian hidung, dan komedo tidak seperti jerawat radang yang menimbulkan rasa sakit. Karena komedo melakukan penyumbatan pada pori-pori dari kulit dan hal ini tidak menyebabkan infeksi terjadi yang disebabkan oleh bakteri atau kuman.

Yang rianfartawijaya.com ketahui mengenai komedo, terbagi menjadi 2 jenis:
Jenis Komedo pertama, Biasa disebut dengan nama Komedo Terbuka (White hide comedo) dengan ciri-ciri seperti, pori-pori tersumbat dan menimbulkan warna putih pucat.
Jenis Komedo kedua, Komedo Tertutup (Black head Comedo) dengan ciri-ciri seperti, pori-pori tersumbat dan menimbulkan warna kehitam-hitaman.

3. Jerawat Konglobata
Jerawat konglobata adalah jerawat yang berbentuk seperti bisul, yang akan bermunculan secara perlahan dan pada akhirnya akan menjadi satu untuk kemudian melebar hingga menimbulkan nanah. Penyebab dari timbulnya jerawat konglobata adalah kuku atau alat yang digunakan untuk memecahkan jerawat, tidak bersih, sehingga kuman menyerang dan membuat jerawat yang ada sebelumnya menjadi lebih parah. Jika jerawat konglobata berhasil disembuhkan, akan menimbulkan bercak atau bekas yang susah dihilangkan.

Sekian dari artikel mengenal jerawat dan jenis-jenis jerawat, semoga dapat menambah ilmu, wawasan, dan bermanfaat bagi kita semua, sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Mari Belajar Teknologi Informasi

1 Response to "Mengenal Jerawat dan Jenisnya"