Sejarah Perkembangan Game


Game adalah salah satu media yang berkembang sangat pesat 2 dasawarsa belakangan ini, mengalahkan laju perkembangan media film keluaran Hollywood sekalipun. 
                             


Kalau di awal 1990-an game masih bisa dianggap sebagai komoditas anak-anak, di era 2000 ke atas, game sudah menjangkau berbagai bidang seperti hiburan untuk semua kalangan, bisnis, simulasi, edukasi, dan juga pemelajaran virtual. Modal atau perputaran uang dalam industri game sangat besar dan pertumbuhannya sangat pesat (Henry, 2010 ; 8).
Game atau permainan dapat diklasifikasikan menjadi dua bagian besar, yaitu game fisik dan game elektronik. Game fisik adalah permainan yang berhubungan dengan gerak fisik. Sedangkan game elektronik adalah game yang menggunakan konsol.  Game elektronik atau selanjutnya bisa disebut video game pertama kali ditemukan oleh Thomas T. Goldsmith Jr. dan Estle Ray Mann. Penemuan ini dipatenkan menemukan Cathode-Ray Tube sebuah tabung vacum yang digunakan sebagai media untuk membuat simulasi kecepatan tembakan dan arah tembakan sebuah roket. Pada Februari 1951, Christoper Strachey memulai perkembangannya kearah pemrograman yang mulai menggunakan memori di mana aplikasinya diterapkan untuk kebutuhan para pilot. Dan penemuan baru terus berkembang hingga tahun 1959. Namun era perkembangan game dimulai setelah masa ini (Setiawan, 2014 : 1-2).
Berikut pengertian dari game, klik tulisan di bawah ini untuk mendapatkan informasi dari game :


Mari Belajar Teknologi Informasi

0 Response to "Sejarah Perkembangan Game"

Post a Comment