Bootstrap - pertemuan 3 - part 1

Haii selamat pagi . .  Hari ini kita akan mengenal apa yang dimaksud dengan bootstrap pada sistem operasi. Karena pada bagian ini merupakan pengenalan sistem operasi dari sambungan artikel yang sebelumnya. Okeh langsung saja, ,
Booting adalah langkah langkah untuk memulai hidupnya sebuah komputer atau laptop dengan memuatkan kernel sistem operasi.
Ketika komputer pertama kali di hidupkan oleh pengguna (reboot), program membutuhkan program awal yang membuatnya dapat berjalan. Nah disini lah kita akan memahami apa yang dimaksud dengan bootstrap itu, Program awal tersebut yang telah dituliskan di atas adalah bootsrap program.

Dari buku yang pernah saya baca, mengatakan, sebagian besar sistem komputer memiliki satu potongan kode berukuran kecil yang disimpan di ROM (Read Only Memory) yang disebut dengan Bootstrap program atau juga sering dikatakan Bootstrap Loader. Dengan adanya program ini, dia dapat mencari lokasi dari kernel, kemudian memuatkan kernel ke memori, lalu diakhiri dengan mengeksekusi kernel tersebut.

Jika kita lihat sistem komputer, PC (Personal Komputer) yang pemrosesnya adalah intel, memiliki penggunaan 2 tahap proses (two step proses) untuk melakukan booting. Pada kejadian ini, bootstrap loader sederhana (di ROM) akan memuatkan boot program yang rumit dari disk, kemudian memuat kernel dan memulainya. Boot program tersebut disimpan pada partisi yang disebut boot blocks di lokasi yang telah ditentukan pada harddisk, dan karena hal itu, didalam harddisk tersebut menjadi memiliki partisi boot, dan jika sudah seperti ini juga biasa disebut dengan boot disk atau system disk.

Sekian dan terima kasih, saya akan menyambung materi ini pada artikel selanjutnya, semoga dengan ini kamu dapat terbantu dan dapat memahami mengenai bootstrap.

Mari Belajar Teknologi Informasi

0 Response to "Bootstrap - pertemuan 3 - part 1"

Post a Comment