Skema Blok Sistem Komputer - Pertemuan 2

Haiii. .  Selamat pagi. . Hari ini kita akan melihat dan memahami skeme dari blok sistem komputer. Pada artikel sebelumnya kita telah membahas mengenai Skema Dasar Sistem Komputer, maka sekarang kita akan lebih lagi memahami nya melalui blok sistem komputer.
Okeh langsung saja, dapat lihat gambar dibawah ini.

Gambar 1. Skema Blok Sistem Komputer

Kita akan membagi untuk dapat memahaminya lebih mudah. Pada gambar di atas yang memiliki sifat 2 arah (bidirectional) adalah, Bus Data, dan Bus Kendali.
Untuk yang memiliki sifat 1 arah (unidirectional) adalah, Bus Alamat.

Jika kita lihat, Bus Data dapat menyimpan dan mengambil data dari memori utama, dan mengirim dan mengambil dari port masukan/ keluaran.

Jika kita lihat, Bus Kendali digunakan untuk persinyalan yang dapat mengatur komunikasi antara pemroses dengan memori utama dan port masukan/ keluaran.

Dan terakhir, kita dapat lihat Bus Alamat, mengirim alamat memori pada memori utama, lalu pemroses dapat mengambil isi atau menyimpan data yang ditulis di memori utama melalui alamat memori yang diberikan oleh Bus Alamat. Dan pemroses mengirim alamat port yang hendak di ambil datanya atau dikirimi data.
Port masukan/ keluaran yang ada disini merupakan hardware masukan/ keluaran yang terhubung dengan pemroses. Setiap hardware ini, memiliki nomor port yang dapat digunakan untuk penghubung dengan pemroses (menempatkan data yang dikomunikasikan, memberikan sinyal perintah serta menyimpan status dari eksekusi perintah oleh hardware tersebut.

Sekian dan terima kasih, terima kasih telah mengunjungi blog ini. Semoga artikel ini dapat menambah dan mengembangkan wawasan kita dalam ilmu komputer.

Mari Belajar Teknologi Informasi

0 Response to "Skema Blok Sistem Komputer - Pertemuan 2"

Post a Comment