Skema Dasar Sistem Komputer - Pertemuan 1

Haii selamat pagi. .  Hari ini adalah hari pertama dimana kita akan mengenal sistem operasi. Karena ini menjadi matakuliah yang saya ampuh, maka saya akan membagikan informasi yang bersangkutan ke blog ini. Hehee
Okeh langsung saja, kita akan membahas mengenai skema dasar sistem komputer. Sebelumnya apakah kamu tahu apa itu sistem operasi? Apakah kamu tahu sistem kerja yang terdapat didalamnya? Apakah kamu tahu belajar sistem operasi itu tidak hanya menginstal dan memasang software-software yang terdapat didalamnya. Yap, kali ini kita akan ke teori sistem operasi, yaitu kita mulai dari skema dasar sistem komputer.
Pada abstraksi di tingkat atas, dikatakan sistem komputer, terdiri dari 4 komponen yang bekerjasama dan saling berinteraksi untuk menghasilkan tujuan sistem komputer, yaitu komputasi.
Komputasi dapat diartikan sebagai cara untuk menemukan pemecahan permasalahan dari data input dengan suatu algoritma. 
Empat komponen yang merupakan pokok dari sistem komputer adalah, pemroses, memori utama, perangkat masukan dan keluaran, dan terakhir adalah interkoneksi atarkomponen.

1. Pemroses digunakan untuk memproses atau mengolah data pengendalian operasi komputer.

2. Memori Utama digunakan untuk menyimpan data dan program. Seperti ini, setelah program yang kita instal di laptop atau pc, kemudian data program tersebut haruslah tersimpan didalam memori utama untuk kemudian dapat dieksekusi atau dijalankan.

3. Perangkat Masukan/ Keluaran
Dengan adanya perangkat masukan dan keluaran, dapat menghubungkan antara pengguna dan sistem operasi atau pun program, sehingga akan memberikan manfaat dari komputer tersebut kepada pengguna.

4. Interkoneksi Antarkomponen
Interkoneksi Antarkomponen adalah struktur dan mekanisme untuk menghubungkan ketiga komponen (pemroses, memori utama, dan perangkat masukan/ keluaran). Jika dilihat fisiknya, maka interkoneksi antarkomponen berupa perkawatan logam atau yang dapat menjadi penghubung lainnya.

Saya rasa cukup sekian untuk informasi yang dapat saya berikan kepada kamu semua, dan semoga artikel ini bermanfaat.

Mari Belajar Teknologi Informasi

0 Response to "Skema Dasar Sistem Komputer - Pertemuan 1"

Post a Comment