Kegelisahan Mahasiswa

Sesuatu yang baru akan dimulai hari ini, sesuatu yang hebat juga akan dapat dirasakan segera.

Beberapa waktu yang lalu, saya mendapat pertanyaan dari seorang murid yang ingin melanjutkan ke jenjang selanjutnya, yaitu Strata 1, dia menanyakan, "apakah membuat skripsi itu susah pak ?"

Pertanyaan yang sering terlintas dipikiran setiap mahasiswa akhir, maupun yang akan memulainya. Hidup sebagai mahasiswa, sama dengan seperti hidup mandiri.

Mandiri disini diartikan, seperti anak yang dibiarkan oleh ibunya untuk terus belajar dan berkembang menjadi yang dia mau.

Mahasiswa, ya saya juga masih seorang mahasiswa. Pekerjaan yang selalu dilakukan oleh mahasiswa adalah berpikir.

Berpikir terlalu lama juga akan menimbulkan keresahan, dan hal ini lah yang sedang menjadi penyakit bagi mahasiswa pada saat ini.

Memberikan hasil karya, tanpa latar belakang pemikiran yang konkrit pun, tidak akan mendapatkan hasil yang sesuai dengan yang diinginkan.

Akan tetapi, kebanyakan dari kita sebagai mahasiswa, hanya banyak bicara, dibandingkan mengerjakan apa yang kita pikirkan.

Rasa ketakutan yang mendalam akan kegagalan, selalu menyelimuti pemikiran seorang mahasiswa yang tidak melakukan action.

Untuk itu, jika memulai dengan berpikir, harus dilakukan dengan action. Maksudnya adalah, seorang mahasiswa yang akan memulai memikirkan konsep, akan lebih baik jika, sekalian dengan melakukan pekerjaan yang kecil terlebih dahulu. Sehingga hasilnya nanti, dapat dikumpulkan menjadi satu kesatuan yang utuh, dan disebut dengan kata "KARYA".

Jadi, bagi kita para mahasiswa, yang akan melakukan sesuatu, tapi hanya berpikir tanpa action, maka mulai lah merubah hal itu, dan lakukan kembali dengan langkah awal yang baru.

Sehingga pertanyaan ini  "apakah membuat skripsi itu susah pak ?", kita akan mampu menjawabnya dengan mudah, seperti "membuat skripsi itu tidak lah susah, melainkan sangat mudah, jika kamu mengerjakannya, bukan memikirkannya terus menerus".

Sampai jumpa di artikel mengenai mahasiswa in action selanjutnya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua.

Mari Belajar Teknologi Informasi

0 Response to "Kegelisahan Mahasiswa"

Post a Comment