PENGERTIAN HARDWARE

Perangkat keras komputer digolongkan dalam tiga kelompok yaitu, Peranti masukan (input device), Peranti pengolah (processing unit), dan peranti keluaran (output device). Peranti masukan adalah peralatan yang kita gunakan untuk memasukkan data ke komputer, seperti keyboard, mouse, dan scanner. Peranti pengolah adalah peralatan yang melakukan pengolahan data menjadi informasi, atau yang menjadi “otak” mesin computer dalam melaksanakan perintah yang diberikan. Peranti pengolah ini sering disebut CPU (central processing unit/unit pengolah pusat) atau disebut juga processor. Peranti keluaran adalah peralatan yang digunakan untuk menampilkan informasi hasil olahan komputer, seperti monitor, printer, dan speaker.
Dari penjelasan di atas dapat diketahui bahwa yang sering disebut-sebut CPU itu sebenarnya adalah bagian komputer yang melakukan pengolahan data (processor), berbentuk chip, dan dikenal dengan nama merk seperti Intel Pentium, Intel Celeron, AMD Athlon, dan sebagainya.
Adapun “badan” (casing) komputer yang biasa disebut CPU tidak hanya mengandung processor, tetapi juga mengandung mainboard (atau disebut juga mother-board),diskette drive, CD drive, harddisk, memory (RAM), VGA card, sound card, LAN card (atau disebut juga Ethernet card), modem, dan sebagainya (Talib, 2005 : 2).
 Hardware komputer sangat beragam, terdiri dari komponen-komponen fisik di komputer. Contohnya: monitor, CPU, motherboard, memory, peranti drive, hard disk, flash disk, dan sebagainya. Lawan dari hardware adalah software. Yaitu, komponen logis dari komputer, dan fungsinya membawa perintah/instruksi, menyimpan data, mengeksekusi, dan sebagai platform untuk software lainnya.
Komponen-komponen hardware dari PC biasanya dikemas dalam sebuah bungkus berbentuk kotak yang biasa disebut casing atau case. Berikut ini contoh daftar komponennya (Zaki, 2010 : 3-5):
a.         Motherboard
1)      Prosesor/CPU
2)      Kipas komputer
3)      Memory/RAM
4)      BIOS
5)      Slot ekspansi (PCI, PCIe, dan lainnya)
b.      Bus
1)      PCI
2)      USB
3)      Hyper-transport
4)      AGP, dan lainnya
c.          Drive dan Lainnya
1)      CD-ROM/CD-RW
2)      DVD-ROM/DVD-RW
3)      CD/DVD Combo ROM/RW
4)      Joystick untuk game
5)      Card reader, dan lainnya
d.      Peranti Penyimpan
1)      Hard disk
2)      Floppy disk
3)      Flash Disk
e.          Peripheral Lainnya
1)      Mouse
2)      Kamera Digital
3)      Kartu Multimedia (audio dan video)
f.          Peranti Output/Input
1)      Printer
2)      Monitor
3)      Speaker
4)      Mikrofon
5)      Keyboard

6)      Headset, dan lainnya
Mari Belajar Teknologi Informasi

0 Response to "PENGERTIAN HARDWARE"

Post a Comment