Pengertian Adobe Flash

a.         Pengenalan Adobe Flash CS6
   Adobe Flash CS6 merupakan versi terbaru dari versi sebelumnya, adobe flash CS5. Program ini memiliki banyak fungsi, seperti pembuatan animasi objek, membuat persentasi, animasi iklan, game, pendukung animasi halaman web, hingga dapat digunakan untuk pembuatan film animasi. Meskipun secara keseluruhan memiiki tampilan dan proses kerja yang sama dengan versi sebelumnya, namun pada versi baru ini memiliki penambahan fitur (Wahana Komputer, 2012 : 2).
Selain untuk membuat animasi, Flash juga dapat dipergunakan untuk menyusun slide show presentasi. Presentasi yang dibuat dalam Flash tentu saja memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan presentasi yang dibuat dengan Power Point (Wahana Komputer, 2010 : 154).


b.        Pengenalan ActionScript
  Actionscript adalah bahasa yang menjembatani antara bahasa yang kita kenal dengan bahasa yang dikenal oleh flash. Actionscript mengijinkan membuat instruksi berorientasi action (lakukan perintah) dan instruksi berorientasi logic (analisa masalah sebelum melakukan perintah). Sama dengan bahasa pemrograman yang lain, actionscript berisi banyak elemen yang berbeda serta strukturnya sendiri (Herlambang, 2007: 1).
  Actionscript adalah bahasa pemrograman yang dikembangkan macromedia untuk digunakan flash. Dengan actionscript, dapat membuat flash lebih interaktif karena movie akan bisa menerima informasi dari user dan bertindak sesuai perintah yang diberikan dalam kondisi-kondisi tertentu, atau ketika user mengklik gambar akan muncul animasi lain.
  Actionscript juga bisa digunakan untuk menghasilkan animasi. Ukuran file animasi yang dihasilkan dengan actionscript akan lebih kecil dibandingkan  dengan tweening. Para professional biasanya lebih memilih menggunakan actionscript (Jeprie, 2006: 96).
  Actionscript bisa dilekkan di dua tempat, bisa di dalam frame atau bisa juga di objek yang kita tuju. Ketika menyimpan script dalam frame, selalu gunakan layer yang terpisah dan beri nama actions. Simpan layer itu di atas semua layer lain agar ditemukan. Selain itu, kunci layer action agar tetap kosong (Jeprie, 2006: 98-99).
           Adobe ActionScript  merupakan bahasa pemrograman yang bekerja di dalam platform Adobe Flash. Adobe ActionScript memang dibangun sebagai cara untuk mengembangkan pemrograman interaktif secara efisien menggunakan platform aplikasi adobe Flash ActionScript mulai dari animasi yang sederhana sampai dengan yang kompleks sekalipun, penggunaan data, dan aplikasi interface yang interaktif. Pertama kali diperkenalkan dalam Flash Player 9, ActionScript merupakan bahasa pemrograman berorientasi objek didasarkan pada ECMAScript-standar yang sama yang menjadi dasar JavaScript dan memberikan hasil yang luar biasa dalam kinerja dan produktifitas pengembang (http://www.adobe.com/devnet/actionscript/).
Kelebihan terbesar dari Flash adalah interaktivitas terhadap  suatu objek. Dalam membangun interaktivitas tersebut digunakan perintah-perintah maupun program yang disebut ActionScript. Secara umum, actionscript pada flash hampir sama dengan bahasa pemrograman Javascript. Jadi jika sudah terbiasa dan sering dengan bahasa tersebut, hal itu akan sangat membantu dalam membuat aplikasi-aplikasi yang ada pada actionscript (hasanudin, et al, 2002: 21).
Dalam membuat suatu interaktivitas, harus memahami tiga komponen penting dalam actionscript, yaitu:
1)      Event (kejadian): merupakan peristiwa yang terjadi untuk memicu sebuah aksi pada sebuah objek.
2)      Action: merupakan aksi atau kerja yang dikenakan atau diberikan pada suatu objek.

3)      Target: merupakan objek yang dikenai oleh aksi.
Mari Belajar Teknologi Informasi

0 Response to "Pengertian Adobe Flash"

Post a Comment