Perangkat lunak dan Jenisnya

  Perangkat lunak adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan instruksi-instruksi yang memberitahu perangkat keras untuk melakukan suatu tugas sesuai dengan perintah. Tanpa perangkat lunak, perangkat keras tidak ada gunanya. Tujuan dari sistem komputer adalah untuk mengonversi data menjadi informasi. Data dapat digambarkan sebagai bahan baku, apakah dalam bentuk kertas, elektronik atau bentuk lain, yang sedang diproses oleh komputer. Dengan kata lain, data terdiri dari fakta atau angka sebagai bahan baku yang diproses menjadi informasi. Perangkat lunak juga sering diartikan sebagai metode atau prosedur untuk mengoperasikan komputer agar sesuai dengan permintaan pemakai baik multi-tasking maupun multi-user. Perangkat lunak (software) untuk otomasi perpustakaan seperti CDS/ISIS dari UNESCO yang dapat diperoleh secara gratis melalui internet (Supriyanto, et al, 2008 : 44).
Perangkat lunak komputer atau software merupakan kumpulan perintah (program) yang dieksekusi oleh mesin (computer) untuk melakukan tujuan tertentu. Berdasarkan sifat dan fungsinya, software dapat digolongkan menjadi 3, yaitu operating system (sistem operasi), application software (program aplikasi), dan programming language (bahasa pemrograman) (hamid, et al, 2007 : 12 - 15).
a.          Sistem operasi
 Sistem operasi bersama BIOS merupakan software yang mengatur dan mengendalikan perangkat keras komputer. Sistem operasi akan menyiapkan komputer agar siap digunakan untuk menjalankan software aplikasi, programming, dan lain-lain. Dalam sejarah komputer, terdapat beberapa sistem operasi yang berkembang, diantaranya adalah MS DOS (Disk Operating System), MS Windows, UNIX, LINUX, dan Mac OS (sistem operasi untuk komputer Apple). Dari sekian banyak sistem operasi tersebut yang paling banyak digunakan adalah MS Windows yang dirilis oleh Microsoft Corporation. Dalam perkembangannya, sistem operasi MS Windows mengalami beberapa peningkatan versi dari MS Windows 3.1 (sekitar tahun 1990-an) hingga sekarang ini muncul versi terbarunya yaitu MS Windows Vista (2007). Mungkin karena dominasi MS Windows serta mahalnya harga sistem operasi tersebut, orang-orang mulai beralih ke sistem operasi Linux yang bersifat open source dan relative lebih murah.
b.      Program Aplikasi
Program aplikasi merupaka perangkat lunak siap pakai untuk menyelesaikan masalah tertentu. Program aplikasi ini dapat berjalan di lingkungan sistem operasi tertentu. Anggota kelompok aplikasi di antaranya meliputi: word processor, spreadsheet, graphic, database, presentasi, browser, serta tool & utility.
1)      Word Processor (Pengolah Kata)
Word processor merupakan program aplikasi yang penggunaannya dititiberatkan pada pengolahan teks dan pemformatan untuk pencetakan. Contoh word processor adalah wordstar, wordpad, word perfect, dan MS Word.
2)      Spreadsheet (Pengolah Angka)
Spreadsheet merupakan program aplikasi yang penggunaannya dititiberatkan pada pengolahan angka dan pemformatan untuk pencetakan. Contoh aplikasi pengolah angka adalah Lotus 1-2-3 dan MS Excel. Untuk pengolah angka khusus statistic dapat digunakan program aplikasi khusus, seperti Microstat atau SPSS.
3)      Program Aplikasi Grafis
Program aplikasi grafis (graphic software) digunakan untuk membuat ataupun mengolah gambar dan desain. Pengolahan grafis dapat berupa perbaikan kualitas gambar, pemberian efek, maupun filter. Beberapa contoh program aplikasi grafis adalah Adobe Photoshop, Corel Draw, Corel Photopaint, Window Paint, Macromedia Freehand, Adobe Illustrator, dan AutoCad.
4)      Program Aplikasi Database
Database merupakan sekumpulan data yang memiliki susunan tertentu sehingga mudah diakses. Program aplikasi database memungkinkan pembuatan database yang memudahkan pengaksesan data sehingga dapat menghemat waktu (karena dapat menemukan data tertentu dengan cepat) dan hemat tenaga (karena cukup meminta komputer mencari data, tak perlu membongkar lemari arsip atau berkas). Beberapa contoh aplikasi database adalah Dbase, Foxpro, Clipper, dan MS Access.
5)      Program Presentasi
Program presentasi merupakan perangkat lunak yang dapat digunakan untuk mengolah dan menampilkan materi presentasi. Salah satu aplikasi presentasi yang sangat terkenal adalah MS PowerPoint.
6)      Browser
Browser merupakan program aplikasi yang digunakan untuk mengakses/ menjelajahi halaman web di internet. Dengan kata lain, software browser digunakan untuk browsing internet. Ada beberapa browser yang digunakan, seperti MS Internet Explore, Opera, dan Mozilla Firefox.
7)      Tool & Utility
Yang dimaksud software kategori tool & Utility di sini adalah program aplikasi yang dimaksudkan untuk meningkatkan kinerja komputer seperti: pengorganisasian file, konversi file, manajemen memori, dan peningkatan keamanan file. Aplikasi yang termasuk dalam kategori ini misalnya: defrag, scandisk, software konversi file teks ke pdf, kalkulator, dan antivirus. Program aplikasi multimedia untuk memainkan musik, merekam dan mengolah audio/ video dapat juga dimasukkan dalam ketegori ini. Untuk keamanan file, kita dapat menggunakan program antivirus. Ada banyak software antivirus, di antaranya adalah Mc Affe, Symantec, Kapersky, AVG, dan PC Media. Oleh karena virus-virus baru selalu bermunculan, kita perlu juga memperbarui software antivirus kita secara berkala. Istilah memperbarui software itu dikenal dengan istilah meng-update.
c.         Bahasa pemrograman
Software bahasa pemrograman digunakan untuk membuat program komputer. Software sistem operasi maupun software aplikasi dibuat menggunakan software bahasa pemrograman. Berdasarkan kemudahannya dipahami oleh manusia, bahasa pemrograman dibagi menjadi dua, yaitu bahasa pemrograman tingkat rendah dan bahasa pemrograman tingkat tinggi.
Bahasa pemrograman tingkat rendah lebih sulit dipelajari dari pada bahasa pemrograman tingkat tinggi karena cara penulisan perintahnya berupa kode-kode dan simbol tertentu yang sulit dipahami oleh orang awam. Sebaliknya, bahasa pemrograman tingkat tinggi lebih mudah dipelajari karena penulisan perintahnya menggunakan kosa kata yang terdapat dalam bahasa sehari-hari (meskipun bahasa inggris/ asing).
Contoh bahsa pemrograman tingkat rendah adalah bahasa mesin (machine language) dan bahasa Assembly, sedangkan contoh bahasa pemrograman tingkat tinggi adalah bahasa BASIC, FORTRAN, COBOL, PASCAL, C++, dan DELPHI. Selain contoh-contoh tersebut, masih banyak lagi bahasa pemrograman yang lain.

Selain berdasarkan tingkat kesulitannya untuk dipahami manusia, software bahasa pemrograman juga dibagi menjadi bahasa pemrograman procedural (procedural language) dan bahasa pemrograman berorientasi objek (Object Oriented Programming language). Yang termasuk software bahasa pemrograman procedural contohnya adalah bahasa Pascal dan BASIC, sedangkan contoh software bahasa pemrograman berorientasi objek adalah software bahasa C++.
Mari Belajar Teknologi Informasi

0 Response to "Perangkat lunak dan Jenisnya"

Post a Comment