Pengertian Perangkat Lunak

Perangkat lunak adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan instruksi-instruksi yang memberitahu perangkat keras untuk melakukan suatu tugas sesuai dengan perintah. Tanpa perangkat lunak, perangkat keras tidak ada gunanya. Tujuan dari sistem computer adalah untuk mengonversi data menjadi informasi. Data dapat digambarkan sebagai bahan baku, apakah dalam bentuk kertas, elektronik atau bentuk lain, yang diproses oleh komputer. Dengan kata lain, data terdiri dari fakta atau angka sebagai bahan baku yang diproses menjadi informasi. Perangkat lunak juga sering diartikan sebagai metode atau prosedur untuk mengoperasikan komputer agar sesuai dengan permintaan pemakai baik multi-tasking maupun multi-user. Perangkat lunak (software) untuk otomasi perpustakaan seperti CDS/ISIS dari UNESCO yang dapat diperoleh secara gratis melalui internet (supriyanto, et al, 2008: 40).
a.       Perangkat Lunak Multimedia
Perangkat lunak multimedia adalah komponen-komponen dalam data processing system, berupa program-program untuk mengontrol bekerjanya sistem computer multimedia. Pada umumnya istilah perangkat lunak multimedia menyatakan cara-cara yang  menghasilkan hubungan yang lebih efisien antara manusia dan mesin komputer multimedia. Fungsi perangkat lunak multimedia antara lain mengindentifikasikan program multimedia dan menyiapkan aplikasi program multimedia sehingga tata kerja seluruh peralatan computer multimedia jadi terkontrol serta mengatur dan membuat pekerjaan agar yang berkaitan dengan multimedia lebih efisien.
Perangkat multimedia dapat digolongkan menjadi tiga, yaitu bahasa pemrograman multimedia, perangkat lunak sistem multimedia dan perangkat luynak aplikasi multimedia.
b.      Bahasa Pemrograman Multimedia

Bahasa pemrograman multimedia adalah bahsa-bahasa yang dipakai programmer untuk menuliskan kumpulan-kumpulan instruksi (program) dalam multimedia. Menurut tingkatannya, bahasa pemrograman multimedia dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu bahasa pemrograman tingkat rendah (Low Level Language) dan bahasa pemrograman tingkat tinggi (High Level Language) (Suyanto, 2013: 103).
Mari Belajar Teknologi Informasi

0 Response to "Pengertian Perangkat Lunak"

Post a Comment