CARA MENJADI PROGRAMMER SUKSES

Tamat sekolah mau jadi apa hayoo ??
Ketika dulu di zaman saya, banyak anak yang akan menjawab akan menjadi dokter, polisi, pengusaha, dan pekerjaan umum lainnya.

Tapi bagaimana dengan programmer, yang sudah pasti sama sekali tidak ada satu pun anak yang menyebutnya di zaman saya.

Pekerjaan apa itu ??

Programmer adalah pekerjaan yang dilakukan dengan suatu bahasa pemrograman tertentu, untuk membuat sebuah aplikasi desktop, website, melindungi jaringan, virus, dan masih banyak lagi.

Sekarang ini kita dapat menjadi programmer tanpa harus menyelesaikan pendidikan di instansi tertentu, dikarena kan sudah banyaknya media yang dapat digunakan untuk belajar menjadi programmer, seperti penggunaan buku, dan internet.

Lalu, bagaimana untuk menjadi programmer yang sukses ??

Ya saya sendiri sudah menekuni dunia programmer untuk menghasilkan banyak uang yang kemudian dihabiskan lagi buat beli ini dan itu hahaa.

Berikut ini beberapa cara menjadi programmer sukses yang dapat dilakukan, bagi orang awam sekali pun, yaitu:

1. Niat
Kuatkan hati jika ingin menjadi seorang programmer yang sukses. Niatkan untuk dapat menjalani nya dengan hati yang ikhlas dan sabar.

2. Motivasi
Mulai memotivasi diri untuk menggapai mimpi menjadi programmer sukses. Kehidupan programmer akan memakan waktu yang sangat panjang dan berat.

3. Algoritma pemrograman dasar
Ketahuilah, yang sangat dasar adalah algoritma dari sebuah program yang akan dibuat. Algoritma adalah langkah yang dilakukan untuk menyelesaikan masalah. Pelajari algoritma dan akan didapatkan pengetahuan yang paling dasar dari programmer yaitu input, process, output.

4. Pilih Bidang Programmer yang disenangi
Menurut saya, seorang programmer harus memiliki kenikmatan saat melakukan pekerjaannya, oleh karena itu saya menyarankan untuk memilih bidang yang akan dijalani, misalnya programmer website, desktop, atau yang lainnya.

5. Pahami bukan dihapal
Pilih memahami atau menghapal, saya sendiri akan memahaminya terlebih dahulu, lalu seiring waktu apa yang saya kerjakan akan terhapal secara sendirinya.

6. Dasar Bahasa Pemrograman
Bahasa pemrograman yang dipilih oleh seorang programmer harus sudah dikuasai, maksudnya struktur penulisan dan penggunaan dari setiap komponen penting lainnya. Untuk itu buatlah program sederhana terlebih dahulu, agar kamu menjadi programmer sukses.

7. Reskin
Jika kamu akan membuat program dan bingung untuk memulainya darimana, maka lakukan lah reskin. Reskin adalah kegiatan yang dilakukan dalam mengubah program seperti pada content, tampilan, alur program, yang sudah ada menjadi seperti program yang baru dan berbeda dari yang sebelumnya.

8. Get Project
Jika sudah memiliki modal yang baik dari ketujuh langkah yang ditulisakan diatas, maka kita sudah siap untuk maju ke tahap menerima project dari pelanggan yang ada. Mulai lah dari project yang tidak terlalu susah, karena akan memudahkan kita untuk maju ke tingkatan project yang lebih susah.

9. Berdoa, lakukan lah hal ini ketika kamu memulai sesuatunya, karena saya ingin kita menjadi programmer yang sukses dan dapat menjadi seseorang yang berjasa bagi beberapa orang yang memang seharusnya kita tolong sebagai sesama manusia.

Semoga cara menjadi programmer sukses ini dapat menjadi awal dari kita programmer indonesia, semoga artikel kali ini bermanfaat.

Mari Belajar Teknologi Informasi

0 Response to "CARA MENJADI PROGRAMMER SUKSES"

Post a Comment