Hello World Python (Pertemuan 4)

Syntax bahasa Python hampir sama dengan bahasa pemrograman pada umumnya seperti Java atau PHP. Syntax Dasar
Dibawah ini adalah contoh fungsi Python yang digunakan untuk mencetak. Di Python untuk mencetak cukup gunakan fungsiprint() , dimana sesuatu yang akan dicetak harus diletakkan diantara kurung buka dan kurung tutup, bahkan di Python versi 2.x Anda tidak harus menggunakan tanda kurung kurawal, cukup pisahkan dengan spasi.

Jika ingin mencetak tipe data String langsung, Anda harus memasukanya ke dalam tanda kutip terlebih dahulu.
print("Hello World") This Gist brought to you by gist-it.view rawpython_dasar/hello_world.py
Saat anda menjalankan script diatas, Anda akan melihat output berupa text Hello World

Python bersifat case sensitif, ini artinya huruf besar dan huruf kecil memiliki perbedaan. Sebagai contoh jika Anda menggunakan fungsi print dengan huruf kecil print() akan berhasil. Lain hal jika anda menggunakan huruf kapital Print() atau PRINT() , akan muncul pesan error. Aturan ini berlaku untuk nama variabel ataupun fungsi-fungsi lainya. Selanjutnya kita akan mempelajari Komentar pada Python

Komentar (comment) adalah kode di dalam script Python yang tidak dieksekusi atau tidak dijalankan mesin. Komentar hanya digunakan untuk menandai atau memberikan keterangan tertulis pada script.  Komentar biasa digunakan untuk membiarkan orang lain memahami apa yang dilakukan script. atau untuk mengingatkan kepada programmer sendiri jika suatu saat kembali mengedit script tersebut. Untuk menggunakan komentar anda cukup menulis tanda pagar #, diikuti dengan komentar Anda.

#Ini adalah komenta
r # Tulisan ini tidak akan dieksekusi
#komentar dengan tanda pagar hanya bisa digunakan #untuk #satu #baris print("Hello World") #ini juga komentar #print("Welcome")
# komentar bisa berisi spesial karakter !@#$%^&*(),./;'[]\
#mencetak nama print("Budi")
#mencetak angka/integer print(123) This Gist brought to you by gist-it.view rawpython_dasar/komentar.py



Mari Belajar Teknologi Informasi

0 Response to "Hello World Python (Pertemuan 4)"

Post a Comment