Mengenal Adobe Flash

a.          Mengenal Adobe Flash Professional CS6
Adobe Flash CS6 merupakan versi terbaru dari versi sebelumnya, adobe flash CS5. Program ini memiliki banyak fungsi, seperti pembuatan animasi objek, membuat persentasi, animasi iklan, game, pendukung animasi halaman web, hingga dapat digunakan untuk pembuatan film animasi. Meskipun secara keseluruhan memiiki tampilan dan proses kerja yang sama dengan versi sebelumnya, namun pada versi baru ini memiliki penambahan fitur (Wahana Komputer, 2012 : 2).
Selain untuk membuat animasi, Flash juga dapat dipergunakan untuk menyusun slide show presentasi. Presentasi yang dibuat dalam Flash tentu saja memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan presentasi yang dibuat dengan Power Point (Wahana Komputer, 2010 : 154).
Dalam proses pembuatan dokumen Flash, ada beberapa panel yang keberadaanya selalu dibutuhkan. Meskipun tampilan panel-panel tersebut bisa diperkecil untuk memberikan tampilan stage yang lebih besar, tetapi biasanya panel-panel ini tetap ada agar mudah diakses sewaktu-sewaktu.
Panel-panel utama ini adalah panel-panel yang berhubungan dengan fungsi tool, modifikasi objek, pembuatan animasi dan penyimpanan unsur-unsur media. Panel-panel tersebut adalah panel Property Inspektor, Timeline, dan panel Library. Selain ketiga panel tersebut masih ada dua panel lain yang tidak kalah pentingnya, yaitu panel ActionScript dan panel Color (Wahana Komputer, 2008 : 17).
Gambar 1. Logo Adobe Flash Profesional CS
b.      Mengenal ActionScript 3.0
ActionScript 3.0 atau disingkat AS3 merupakan bahasa pemrograman yang bekerja pada Adobe Flash, Flex, dan FlashDevelop. actionScript 3.0 pertama kali dirilis pada tahun 2006 bersamaan dengan diluncurkannya Flash versi 9 sekaligus Flash pertama yang kini telah diakusisi oleh Adobe System Inc, yaitu Adobe Flash CS3.
ActionScript 3.0 adalah bahasa pemrograman yang didasarkan pada ECMAScript, yaitu standar bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh ECMA (Europan Computer Manufactures Association). Dengan standar ini, AS3 mampu melakukan integrasi data yang cepat dengan berbagai bahasa pemrograman lainnya seperti JavaScript dan XML.

Jika dibandingkan dengan versi sebelumnya, AS3 dapat menghasilkan performa yang lebih baik dalam pembuatan game, namun semakin kompleks dari segi struktur bahasa. Ada sedikit perbedaan antara AS2 dan AS3 dalam penulisan script yaitu, AS3 tidak bisa dituliskan langsung pada simbol movie clip ataupun button seperti pada  seperti pada AS2 sehingga kita bisa mengontrol movie hanya dengan menuliskan script pada frame atau melalui file kelas (Maulana, 2014 : 31).
Mari Belajar Teknologi Informasi

0 Response to "Mengenal Adobe Flash"

Post a Comment