CARA MENJADI DOSEN

Selamat pagi dan semoga artikel yang berjudul cara menjadi Dosen ini dapat membantu kamu yang memiliki cita-cita sebagai Dosen.

Dalam pembahasan kali ini,  Dosen adalah suatu nama yang diberikan kepada orang yang mengajar di Universitas, Sekolah Tinggi, dan sejenisnya. Pekerjaan sebagai Dosen memiliki tanggung jawab yang sudah ditentukan, yaitu menjalani Tri Dharma. Tri Dharma tersebut terdiri dari, mengajar, mengabdi kepada masyarakat, dan meneliti.

Nah sekarang kita masuk ke point utamanya, bagaimana cara menjadi Dosen.

Syarat pertama yang harus dimiliki oleh Calon Dosen adalah, memiliki pendidikan minimal S2 sesuai bidang mengajar yang diminati.

Setelah itu, Calon Dosen harus menyediakan modul mengajar dan ilmu dalam penyampaiannya kepada para Mahasiswa/i di kampus.

Calon Dosen akan menjalani proses training sampai id sebagai Dosen dikeluarkan atau biasa disebut dengan NIDN.

Setelah NIDN dimiliki, seorang Dosen akan menerima jabatan fungsional minimal 1 tahun, setelah menjalani pengabdian kepada masyarakat, pengajaran kepada mahasiswa/i, dan menulis jurnal minimal Internal.

Jika Dosen sudah memiliki jabatan fungsional, selanjutnya adalah menargetkan diri untuk disertifikasi oleh pemerintah. Dengan sertifikasi seorang Dosen dianggap telah sesuai dengan kriteria pemerintah.

Nah sampai disitu dulu untuk pembahasan kali ini, semoga bermanfaat bagi kita semua, mengenai artikel cara menjadi Dosen ini.



Mari Belajar Teknologi Informasi

0 Response to "CARA MENJADI DOSEN"

Post a Comment