Pertemuan 3 - Sejarah Singkat Bahasa Pemrograman PHP dan Perkembangannya

Selamat pagi, artikel kali ini membahas mengenai perkembangan yang lebih dalam mengenai Bahasa Pemrograman PHP, yang pada saat ini telah sangat banyak digunakan oleh programmer di seluruh dunia dalam mengembangkan website milik perusahaan maupun pribadi.

Dan berikut ini link dari artikel yang berkaitan dengan informasi dari pembahasan ini:
Pertemuan 3 -  Sejarah Singkat Bahasa Pemrograman PHP dan Perkembangannya

Pada saat ini Bahasa Pemrograman PHP telah memiliki banyak perkembangan, dengan menutupi setiap kekurangan yang terdapat didalamnya, sehingga hal ini dapat memberikan kekuatan yang baru, seperti yang telah terlihat pada zaman ini, Bahasa Pemrograman PHP menjadi salah satu Bahasa Pemrograman Website yang populer dan Powerfull.
 Jika melihat sejarah awal dari dikembangkannya Bahasa Pemrograman PHP, pada saat itu yang dirilis untuk pertama kali memiliki nama PHP/FI Versi 1, hingga PHP Versi terbaru saat tulisan ini di publish, yaitu PHP versi 5.6.3, yang di publish pada 13 November 2014, memang telah sangat memiliki perbedaan kemampuan yang jauh.

Untuk Bahasa Pemrograman dengan Versi Pertama di Publish pada tahun 1994, yang pada saat itu seorang programmer kelahiran denmark bernama Rasmus Lerdorf adalah orang yang membuatnya. Pada saat Rasmus Lerdorf membuat sebuah website pribadi, dengan sengaja ia menggunakan bahasa pemrograman perl yang ditujukan untuk menampilkan resume miliknya dan menghitung para pengunjung dari website milikinya.
Lalu Rasmus Lerdorf yang mulai mencoba untuk meningkatkan kemampuan dari bahasa program yang telah ada, dengan mengulang kembali penulisannya dengan menggunakan bahasa C. Dengan memakan waktu atas perjuangan dan kerja kerasnya, ia mulai mendapati hasil dari apa yang telah dilakukannya, yaitu script yang telah ditulis olehnya telah dapat menampilkan form yang dibuat dengan bahasa pemrograman HTML, yang kemudian juga dapat digunakan untuk berhubungan dengan database.

Maka dari itu, kemudian Rasmus Lerdorf mengatakan tulisan script yang telah dibuatnya, dengan sebutan Personal Home Page/ Forms Interpreter atau PHP/FI, dan ini merupakan awal mula dari adanya PHP yang digunakan untuk menampilkan hasil yang lebih baik bagi website yang memiliki sifat dibnamis. Dan pada akhirnya, Rasmus Lerdorf merilisnya kepada masyarakat dengan sebuah software yang bernama Personal Home Page Tools (PHP Tools) version 1.0. yang diumumkan pada tahun 1995 tanggal 8 Juni.

Sekian dari artikel kali ini, semoga dapat memberikan pengetahuan baru yang bermanfaat, sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Mari Belajar Teknologi Informasi

0 Response to "Pertemuan 3 - Sejarah Singkat Bahasa Pemrograman PHP dan Perkembangannya"

Post a Comment